Senin, 10 Desember 2012

Adakah Sisa Gaji Akhir Bulan Ku ?

Ada 2 kemungkinan kenapa Anda tidak bisa menyisihkan di akhir bulan. Yang pertama adalah anggaran Anda tidak "real" dan ada pos-pos yang terlewat atau belum dituliskan, dan yang kedua adalah Anda tidak memiliki tujuan finansial sehingga akhirnya uang yang tadinya berhasil disisihkan malah digunakan untuk keinginan lainnya. 
Klik untuk berinvetasi hebat

Untuk melihat apakah anggaran Anda sudah akurat, Anda dapat mencoba “Catat Pengeluaran 30 Hari” untuk melihat apa memang per bulan ada sisa. Jika memang dana ini tersedia, maka langkah selanjutnya adalah menyisihkannya untuk tujuan-tujuan finansial Anda.

Pisahkan masing-masing dana darurat, dana pendidikan, dan dana pensiun Anda. Di webiste QM Financial, terdapat kalkulator finansial gratis yang dapat memberi Anda gambaran berapa target yang harus Anda capai misalnya untuk dana pendidikan dan dana pensiun. Mudah-mudahan dengan mendefinisikan tujuan-tujuan finansial, akan lebih ‘sulit’ bagi Anda untuk mensabotase dana yang sudah disisihkan.

Mengenai cara-cara untuk berhemat, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengeluaran. Namun, cara apapun tidak akan berhasil jika Anda atau salah satu anggota keluarga Anda tidak berkomitmen untuk melakukannya.

Membawa bekal ke tempat kerja, mengurangi rekreasi keluarga, menghemat listrik di rumah adalah contoh-contohnya. 
 
Klik untuk Belajar bikin website sambil dapat duit...
Untuk memudahkan, Anda dapat membagi pengeluaran menjadi 5 kategori: Rumah Tangga, Transportasi, Anak, Hobi/Rekreasi, dan Utang. Saran saya, periksa mulai dari kategori dengan pengeluaran terbesar. Jika yang terbesar adalah pengeluaran rutin Rumah Tangga, perinci kembali untuk melihat di mana dapat dilakukan penghematan. 
Salam Sukses

Klik untuk berinvetasi hebat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar